Rabu, 22 Juni 2016

Proposal Magang ke Badan Pemeriksa Keuangan




PROPOSAL MAGANG


Mekanisme Tata  Kelola Keuangan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Yang Akuntabel Dan Transparan (Studi Pada Biro Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)”


Disusun oleh:
Rendra Bayu Utama                 135030107111106
Andika Julianto Trilaksana     135030100111020







JURUSAN ADMINISTRASI PUBLIK
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa berkat limpahan rahmatNya sehingga Penulis mampu menyusun Proposal Magang yang berjudul Mekanisme Tata  Kelola Keuangan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Yang Akuntabel Dan Transparan (Studi Pada Biro Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dengan lancar dan selesai tepat waktu.
Proposal ini disusun sebagai salah satu prasyarat untuk magang di Badan Pemeriksa Keuangan yang berlokasi di Jl Jendral Gatot Subroto No. 31 Jakarta Pusat. Didalamnya Penulis menjelaskan alasan memilih Badan Pemeriksa Keuangan sebagai tempat magang, tujuan dari magang itu sendiri, manfaat dari magang yang dilaksanakan di Badan Pemeriksa Keuangan, serta penjelasan teknis magang.
Kesempatan kali ini, Penulis ingin mengucapkan terima kasih atas sumbangsih yang telah diberikan dalam penyusunan proposal magang kepada:
1.  Ketua Jurusan Administrasi Publik, Drs. Choirul Saleh, M.Si yang memberi arahan dan fasilitas terkait pelaksanaan magang.
2.   Badan Pemeriksa Keuangan yang memberikan informasi penting sebagai bahan pembuatan proposal magang.
3.  Teman-teman seperjuangan yang saling menyemangati dan berbagi informasi.
Demikian proposal ini disusun, semoga mampu memberikan gambaran kegiatan magang yang akan Penulis laksanakan dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan. Besar harapan Penulis bisa diberikan kesempatan bergabung dengan Badan Pemeriksa Keuangan untuk memberikan kontribusi nyata sesuai dengan disiplin ilmu yang Penulis miliki.

Malang, 5 Maret 2016


Penulis
DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar.................................................................................................   i
Daftar Isi..........................................................................................................   ii
Ringkasan Proposal..........................................................................................  iii

I. Lokasi Magang..............................................................................................  1
II. Latar Belakang............................................................................................   1
III. Tujuan Magang..........................................................................................   3
IV. Manfaat Magang........................................................................................   4
V. Penyelenggara Magang................................................................................  5
VI. Waktu dan Jadwal Magang.......................................................................   6
VII. Pelaksana Magang....................................................................................  6
VIII. Penutup...................................................................................................   6








                                                    


RINGKASAN PROPOSAL

JUDUL KEGIATAN
Mekanisme Tata  Kelola Keuangan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Yang Akuntabel Dan Transparan (Studi Pada Biro Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)”

PELAKSANAAN KEGIATAN
Tempat            :  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
   Jl Jendral Gatot Subroto No. 31 Jakarta Pusat
Waktu             : 11 juli - 11 September 2016
Ketua pelaksana kegiatan :
Nama               : Rendra Bayu Utama
NIM                : 135030107111106
Anggota Pelaksana Kegiatan  :   
Nama               : Andika Julianto Trilaksana
NIM                : 135030100111020
                                                                                    Malang, 5 Maret 2016
                                                                                    Ketua Kelompok




Rendra Bayu Utama
NIM : 135030107111106
 

I.                   Lokasi Magang
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia
Jl Jendral Gatot Subroto No.31 Jakarta Pusat

II.                Latar Belakang
Magang merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa Strata 1 dalam masa studinya. Sejalan dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang semakin maju pesat, khususnya di bidang administrasi publik, maka mahasiswa dituntut untuk bekerja mandiri dan mempunyai suatu keahlian atau keterampilan agar mampu bersaing dalam dunia kerja. Diadakannya programmagang diharapkan dapat melatih mahasiswa untuk bekerja mandiri dan belajar dari realita yang ada dalam masyarakat serta dapat menambah wawasan mahasiswa. Kegiatan Magang pada dasarnya adalah untuk membandingkan antara teori yang diterima di perkuliahan dan kenyataan yang terjadi di lapangan. Dalam mengimplementasikan suatu teori juga diperlukan kemampuan untuk bercakap. Hal ini berfungsi agar dalam penyampaian suatu teori ke dalam praktek dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Berdasarkan undang-undang nomor 12 di tahun 2012 tentang pendidikan tinggi terutama dalam pasal 18 ayat (2)  adalah Program sarjana sebagaimana dimaksud menyiapkan Mahasiswa menjadi intelektual dan/atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional. Kemudian, berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pendidikan non-formal diperlukan untuk mendukung pendidikan formal. Pendidikan non-formal itu sendiri dapat job training. Di sini, mahasiswa menggunakan teori, pengetahuan dan juga keterampilan dari proses pembelajaran universitas kemudian diterapkan dalam pelatihan kerja.
Jurusan Administrasi Publik dibentuk dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dan yang ahli dibidangnya serta tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni maupun masalah yang dihadapi khususnya yang berkaitan dengan pelayanan langsung dibidang keahliannya.
Pada kenyataannya, dewasa ini sering dijumpai seorang lulusan baru dari perguruan tinggi yang mengalami kesulitan dalam menghadapi kenyataan di lapangan. Hal ini disebabkan karena kurang siapnya lulusan tersebut dengan kenyataan di lapangan yang ternyata jauh berbeda dengan apa yang didapat di bangku perkuliahan.
Melihat dari fenomena ini kami sebagai mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, tentunya tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Untuk itu, kami bermaksud mengenal dunia kerja sebelum benar-benar terjun langsung ke dalam dunia kerja tersebut yang sesungguhnya. Magang ini merupakan alternatif yang kami pilih untuk memenuhi tujuan tersebut dan kami berharap dengan Magang ini kami dapat menambah pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya.
Sesuai dengan judul yang akan kami angkat yaitu “Mekanisme Tata  Kelola Keuangan Publik Dalam Mewujudkan Pelayanan Yang Akuntabel Dan Transparan (Studi Pada Biro Keuangan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia)”. Badan Pemeriksa Keuangan adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memiliki wewenang memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Menurut UUD 1945, BPK merupakan lembaga yang bebas dan mandiri. Pengelolaan keuangan negara merupakan suatu kegiatan yang akan mempengaruhi peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia.
Sebagai lembaga yang bebas dan mandiri Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia telah menetapkan Visi dan Misi serta merumuskan nilai-nilai dasar yang dianut lembaga ke dalam suatu budaya. Seperti yang tertulis dalam laman www.bpk.go.id, Visi, Misi dan nilai-nilai dasar BPK adalah:

Visi :
Menjadi lembaga pemeriksa keuangan Negara yang kredibel dengan menjunjung nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan Negara yang akuntabel dan transparan.

Misi :
1.      Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara;
2.      Memberikan pendapat untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara ; dan
3.      Berperan aktif dalam menemukan dan mencegah segala bentuk penyalahgunaan dan penyelewengan keuangan Negara.

Nilai-nilai dasar BPK
1.      Independensi
2.      Integritas
3.      Profesionalisme

III.             Tujuan Magang
Pelaksanaan kegiatan Magang ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya bagi semua pihak, baik bagi kami, lembaga perguruan tinggi, maupun bagi pihak instansi selaku obyek pelaksanaan dari kegiatan ini, adapun tujuan yang ingin kami capai tersebut adalah :

1.      Tujuan Umum :
Untuk menambah wawasan, dengan melaksanakan Magang ini mahasiswa diharapkan mendapatkan gambaran kerja yang sesungguhnya dan juga mendapatkan pengalaman yang selama ini belum dapat diperoleh selama di bangku perkuliahan.
2.      Tujuan Khusus
a.    Sebagai wahana untuk mengaplikasikan teori dan ketrampilan praktis yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan ke dalam praktek di dunia kerja yang sesungguhnya.
b.      Sebagai sarana untuk membandingkan antara teori yang pernah diperoleh dengan praktek kerja yang sesungguhnya, apakah teori yang telah diterima di bangku perkuliahan telah sesuai dengan penerapannya, dan untuk mengetahui apakah kurikulum yang diberikan telah sesuai dengan kebutuhan dunia kerja pada saat sekarang ini.
c.    Untuk dijadikan sebagai bekal dalam mempersiapkan diri terjun ke dalam masyarakat dan dunia usaha yang sesungguhnya.
d.   Untuk menambah wawasan praktis yang terdapat pada instansi terkait sehingga mahasiswa mendapat gambaran realita kerja yang sesungguhnya.

IV.             Manfaat Magang
Adapun manfaat kegiatan magang adalah sebagai berikut:
1.         Bagi Instansi
a.       Sebagai salah satu sarana penghubung antara pihak instansi dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
b.      Dapat melaksanakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial kepada masyarakat.


2.         Bagi Mahasiswa
a.          Untuk mengaplikasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di bangku perkuliahan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.
b.         Dapat menguji kemampuan pribadi dalam berkreasi pada ilmu yang dimiliki serta dalam tata cara hubungan dengan masyarakat di lingkungan kerja.
c.          Dapat mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja di masa yang akan datang.
d.         Sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman kerja guna meningkatkan kemampuan diri.
e.          Untuk menciptakan pola pikir yang lebih maju dalam menghadapi berbagai permasalahan. 

3.         Bagi Lembaga Perguruan Tinggi
a.          Sebagai bahan evaluasi atas laporan hasil Magang yang dilakukan oleh mahasiswa untuk penyesuaian kurikulum di masa yang akan datang agar menjadi lebih baik.
b.         Sebagai sarana pengenalan instansi pendidikan jurusan Administrasi Publik kepada badan usaha yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.
c.          Sebagai media untuk menjalin hubungan kerja dengan instansi yang dijadikan sebagai tempat Magang.
d.         Sebagai tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan.      

V.                Penyelenggaraan Magang
Kegiatan magang ini dilaksanakan atas kerja sama antara Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia.


VI.             Waktu Dan Jadwal Magang
Kegiatan Magang ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan sesuai dengan ketentuan pihak Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang, yang akan dimulai pada tanggal 11 juli s/d 11 September 2016. Mengenai jangka waktu dan jam kerja Magang juga sesuai dengan ketentuan dan kebijaksanaan dari pihak instansi yang bersangkutan.

VII.          Pelaksana Magang
Pelaksana Magang           

Nama                                 : Rendra Bayu Utama
NIM                                  : 135030107111106
Program Studi                   : Administrasi Publik S1
Fakultas                             : Ilmu Administrasi
Perguruan Tinggi               : Universitas Brawijaya Malang
No HP                               : 085755126447

Nama                                 : Andika Julianto Trilaksana
NIM                                  : 135030100111020
Program Studi                   : Administrasi Publik S1
Fakultas                             : Ilmu Administrasi
Perguruan Tinggi               : Universitas Brawijaya Malang
No HP                               : 081296552255

VIII.       Penutup
Kegiatan magang yang kami laksanakan ini merupakan salah satu program akademik pada jurusan Administrasi Publik dengan maksud agar mahasiswa dapat mengaplikasikan materi-materi yang telah diperoleh selama perkuliahan sesuai dengan kemampuannya dan selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui kondisi dunia kerja secara nyata. Demikianlah proposal ini kami susun sebagai acuan dalam melaksanakan kerja praktek/magang. Besar harapan kami, pihak Badan Pemeriksa Keuangan Jakarta  dapat menerima dan menyetujui pengajuan proposal ini, dan untuk membantu memberikan tempat yang sesuai dengan dispilin ilmu dan keterampilan kami. Kami juga berharap pihak instansi berkenan untuk memberikan bimbingan selama kami melaksanakan magang, sehingga kami dapat melaksanakan kegiatan magang ini dengan sebaik-baiknya dan dapat mencapai maksud serta tujuan dari kegiatan magang ini, sehingga dapat memberikan output yang bermanfaat bagi semua pihak. Demikian harapan kami, atas perhatian dari pihak Badan Pemeriksa Keuangan Jakarta, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.




13 komentar:

  1. halo kak aku juga adm. publik dari UB, kebetulan semester depan aku udah harus mengambil program magang. Untuk pengajuan proposal ke Badan Pemeriksa Keuangan di Jakarta itu kaka apply secara langsung atau melalui email ya kak? terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Kami apply langsung, untuk lebih jelasnya kirim email permohonan terlebih dahulu kepada bagian humas bpk untuk lamaran magangnya. Terima kasih

    BalasHapus
  3. Kak maaf mau tanya ada persyaratan IPK tidak?

    BalasHapus
  4. Tidak ada dek, insyaalloh gampang kok nglamar magang disana.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Ka mau tanya kalau mau magang di BPK syaratnya apa aja ya ka?

    BalasHapus
  7. Ka mau tanya apa ada wawancaranya atau tes nya klo mau magang di BPK

    BalasHapus
  8. Kak mau tanya kalo magang persyaratannya apa saja? Harus survei dulu kah?

    BalasHapus
  9. Kak nunggu panggilan maganh dri BPK brapa lama ya?

    BalasHapus
  10. The Best Casino List
    The best casinos in the UK 피망 슬롯 머신 list · 888 유흥가 Casino · Betfair Casino · Betfred Casino · 벳익스플로어 BetVictor Casino 포커 에이스 · LeoVegas Casino · w88 com login Bally's · Playzpoints Casino · William Hill

    BalasHapus
  11. Harrah's Cherokee Casino Resort - MapYRO
    Harrah's Cherokee Casino 양주 출장샵 Resort is located in the 정읍 출장안마 beautiful choegocasino mountains 수원 출장마사지 of Western North Carolina. It is owned by the Eastern Band of Cherokee Indians, 하남 출장마사지

    BalasHapus